FSEI IAIN Pontianak Siap Dimekarkan Menjadi Dua Fakultas

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Pontianak tengah mempersiapkan pemekaran Fakultas. Selama ini Fakultas dan Ekonomi Islam merupakan metamorfosis dari Jurusan Syariah ketika masih berstatus STAIN Pontianak. Selanjutnya akan di mekarkan menjadi dua yakni menjadi dua Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Syariah.

FSEI yang melakukan pemekaran menjadi dua Fakultas ditujukan untuk mengembangkan ilmu Ekonomi Syariah. Perbangkan Syariah dan Manajemen Bisnin Syariah menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnin Syariah. Sedangkan Fakultas Syariah akan membawahi jurusan Muamalah dan Ahwalus Syakhsiyyah.

Dekan Fakultas FSEI. DR. Ichsan Iqbal, MM mengatakan (25/11) Pemekaran Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam adalah dalam rangka menigkatkan mutu pendidikan dan layanan kepada masyarakat, dosen dan mahasiswa. Melalui pemekaran ini juga akan menambah jurusan Akutansi Syariah yang dalam waktu dekat akan keluar izinnya dan akan dibuka penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2017 mendatang.

Pemekaran FSEI tidak hanya menjadikan sebagai langkah merespon atas trend perkembangan bidang-bidang keilmuan Ekonomi dan Bisnin Islam saja. Namun juga memperkuat nuansa hukum islam dibawah Fakultas Syariah yang akan membuka jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah) sebagai wadah pengenbangan studu Hukum Tata Negara, Melengkapi JUrusan Muamalah dan Ahwalus Syakhsiyya yang sudah ada sebelumnya.

Ichsan Iqbal menuturkan pemekaran tersebut mnentinya melahirkan jurusan-jurusan baru dan akan digadang-gadang perubahan status dari IAIN menuju Universitan Islam Negri (UIN) Khatulistiwa, dengan memperbanyak Fakultas dan Jurusan, menambah jumlah dosen dan mahasiswa setiap tahunya sehingga beberapa tahun ke depan sangat mungkin untuk perubahan status menjadi UIN Khatulistiwa.

Pada tahun 2017 mendatang akan dibuka S2 Ekonomi Islam yang saat ini diajukan izinya dan menunggu untuk divisitasi. Ichsan Iqbal berharap menjadikan Fakultas yang dipimpinya melangkah jauh dan menjadi lebih baik dan mampu bersaing di masa mendatang.

Leave a Reply