Prodi Akuntansi Syariah

VISI

Menjadi program studi yang unggul dan terbuka, berdaya saing serta bertaraf internasional dalam kajian keilmuan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat pada tahun 2032.

 

MISI

  1. Melaksanakan sistem pendidikan dan pengajaran yang bermutu secara nasional dan internasional dengan berbasis riset, bersifat terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan di bidang akuntansiyang bermutu secara nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya dibidang akuntansi untuk mendukung kebutuhan pemerintah daerah, dunia usaha dan industri syariah, serta pemangku kepentingan lainnya.
  4. Menyelenggarakan pengelolaan prodi yang memenuhi kualifikasi standar nasional dan internasional.
  5. Melakukan penguatan peran nilai moral Islam di bidang akuntansi.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian yang professional sebagai teknisi akuntansi ahli syariah.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dan penelitian akuntansi unggulan yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian di bidang akuntansi yang memiliki daya guna yang berarti bagi pemerintah daerah, dunia usaha, dan industri syariah, serta pemangku kepentingan lainnya.
  4. Mewujudkan penguatan tata kelola prodi berdasarkan tata kelola institusi yang baik dan terbuka (good and open governance), dan memberikan prasarana yang berkualifikasi nasional dan internasional.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri, pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri syariah, serta pemangku kepentingan lainnya pada tingkat nasional dan internasional demi meningkatkan kualitas SDM.
  6. Membangun character building mahasiswa yang selaras dengan nilai-nilai Islam demi menghasilkan lulusan yang ber akhlakul karimah.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Akuntan Syariah
  2. Auditor Syariah
  3. Manager Akuntansi Syariah
  4. Manager Sistem Informadsi Akuntansi
  5. Manager Investasi Syariah